Materi Kuliah Bidan

 Materi Kuliah Bidan

Materi Kuliah bidan yang dasar dan awal yang perlu di pelajari adalah dapat mengerti dan mampu menjelaskan kebutuhan dasar ibu hamil sesuai tahap perkembangannya dengan baik dan benar. Tahap perkembangan ibu hamil di mulai oleh beberapa proses. Yang harus di pahami di dalam materi kuliah bidan oleh seorang mahasiswa adalah pertama proses ketidaknyamanan yang dialami oleh ibu hamil dan cara mengatasinya, kedua melakukan jadwal kunjungan kepada calon ibu sehingga dapat memonitoring pertumbuhan janin dan perkembangan kehamilan ibu, dalam penetapan kunjungan diusahakan untuk dapat mengetahui dan mengestimasi tanggal kelahiran bayi, dan ketiga adalah pekerjaan yang dilakukan oleh ibu hamil yang juga harus diperhatikan karena pekerjaan yang dilakukan mempengaruhi pertumbuhan janin serta dapat mengakibatkan bayi premature apabila tidak dilakukan monitoring yang benar, dan yang terakhir yang dipelajari dalam materi kuliah bidan adalah tanda bahaya di dalam masa kehamilan.

Beberapa proses ketidaknyamanan yang dialami oleh ibu hamil diantaranya :
  • Sering buang air kecil
  • Striae gravidarum
  • Hemoroid
  • Kelelahan / Fatigue
  • Keputihan
  • Keringat bertambah
  • Sembelit
  • Kram pada kaki
  • Mengidam (pica)
  • Napas sesak
  • Nyeri ligamentum rotundum
  • Berdebar- debar (palpitasi jantung)
  • Panas perut (heartburn)
  • Perut kembung
  • Pusing / sinkop
  • Mual dan muntah
  • Sakit punggung atas dan bawah
  • Varises pada kaki

MATERI KULIAH BIDAN

Sebenarnya ada 4 hal yang di pelajari di dalam materi kuliah bidan seperti yang sudah saya sebutkan di atas, tetapi secara edukatif dapat disebut dengan istilah fisiologis kehamilan, fisiologis nifas, fisiologis persalinan, dan yang terakhir fisiologis fetus.

Materi kuliah bidan tentang fisiologis kehamilan berisi tentang diagnosis kehamilan, diantaranya :
  1. memastikan adanya kehamilan atau yang biasa disebut dengan certain signs
  2. penanganan perubahan fisiologis yang disebabkan oleh perubahan sekresi  hormon pada masa kehamilan terutama hormon progesteron, estrogen, human chorionic gonatrodoprin(hCG), human placental Lactogen (hPL), relaksin, hormon adrenal dan hipofisis, hormon tiroksin
  3. berikutnya yaitu tentang perubahan anatomi dan fisiologis sistem reproduksi meliputi uterus, decidua, miometrium, serviks, vagina, ovarium, mammae atau payudara
  4. peningkatan berat badan selama kehamilan pada masing-masing system reproduksi mengalami pertumbuhan sehingga mengakibatkan peningkatan berat badan yang masing-masing memiliki tingkat massa kenormalan.
  5. adaptasi sistem kardiovaskuler pada kehamilan mulai dari volume darah, curah jantung, hingga tekanan darah yang terjadi.
  6. adaptasi fisiologis sistem hematologis pada kehamilan
  7. adaptasi sistem respirasi pada kehamilan
  8. adaptasi sistem eksresi pada kehamilan
  9. adaptasi fisiologis pada sistem pencernaan pada kehamilan
  10. adaptasi fisiologis sistem integumentum pada kehamilan
  11. penentuan usia kehamilan hingga estimasi tanggal kelahiran.

Materi Kuliah Bidan tentang fisiologi kehamilan meliputi diantaranya :
  1. pengertian persalinan
  2. sebab-sebab mulainya persalinan
  3. tahapan persalinan yang meliputi kala pembukaan, kala pengeluaran janin, kala pengeluaran plasenta dan yang terakhir adalah kala pengawasan biasanya 2 jam setelah kala pengeluaran plasenta.
  4. faktor-faktor yang mempengaruhi persalinan
  5. penurunan kepala janin menurut sistem perlimaan
  6. karakteristik persalinan sesungguhnya dan persalinan semu
  7. penapihan saat persalinan
  8. konsep molage pada persalinan (penyusupan tulang kepala janin)
  9. mekanisme persalinan normal .

Materi Kuliah Bidan tentang fisiologis nifas meliputi :
  1. pengertian nifas
  2. involusi dan subinvolusi uterus
  3. tahapan perubahan lokia masa nifas
  4. perubahan fisiologis pada ibu nifas
  5. perubahan psikologis pada masa nifas

Materi kuliah bidan selanjutnya adalah adaptasi fisiologis fetus, masa yang paling dinamis dari seluruh siklus kehidupan adalah beberapa jam pertama setelah kelahiran karena bayi berpindah dari ketergantungan total ke kemandirian fisiologis. Proses perubahan yang rumit ini biasa di bagi  dengan beberapa periode yang terdiri dari
  1. masa transisi perubahan pernafasan
  2. perubahan sirkulasi
  3. termoregulasi dan adaptasi fisiologi sistem metabolisme
  4. perubahan pada sistem hematologi
  5. perubahan pada sistem gastrointestinal
  6. perubahan pada sistem imun
  7. perubahan pada sistem ginjal
  8. ikterus neonatorum fisiologis .

Suatu kehamilan adalah anugerah dari Illahi oleh sebab itu tidak seharusnya di sia-siakan dan justru seharusnya diselamatkan, di rawat, di monitoring supaya perkembangan dari kehamilan itu dapat berkembang dengan baik sesuai dengan yang di harapkan. Suatu kehamilan merupakan proses regenerasi seseorang ke generasi yang baru yang akan meneruskan kehidupan. Di sinilah peran serta seorang bidan untuk dapat membantu dalam memelihara proses regenerasi mulai dari member penyuluhan, memonitoring, dan membantu proses kelahiran janin serta membantu dalam memelihara dan merawat bayi dengan baik sehingga pertumbuhan bayi dapat menjadi optimal.

Untuk menjadi seorang bidan yang baik maka di dalam proses pendidikan memerlukan suatu pendidikan yang komplek yang semuanya berisi tentang materi kuliah bidan yang baik, biasanya di rangkum dalam suatu modul dan di pelajari secara berurutan sehingga seorang bidan dapat menguasai keseluruhan materi dan sudah dapat langsung terjun ke lapangan dengan berbekal materi yang sudah di terimanya di perkuliahan.

Seorang bidan yang baik dan berkualitas yang sudah menguasai materi kuliah bidan pasti mampu memberikan supervise, asuhan dan memberikan nasehat yang di butuhkan kepada ibu selama masa kehamilan, pada masa persalinan, dan masa setelah persalinan. Seorang bidan yang baik juga harus mampu memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri serta mampu memberikan asuhan kepada bayi yang baru lahir. Asuhan yang dilakukan merupakan tindakan preventif, dapat mengetahui kondisi bayi apakah normal atau abnormal serta harus bisa mengupayakan bantuan medis dan melakukan tindakan gawat darurat.

Seorang bidan memiliki kewenangan untuk memberikan pelayanan kebidanan kepada remaja putrid, calon pengantin, ibu hamil, ibu bersalin, saat ibu nifas, masa interval, klimakterum dan pada saat menopause, serta dapat memberikan pelayanan kepada bayi yang baru lahir, bayi lima tahun dan anak pra sekolah.



semoga artikel Materi kuliah Bidan ini dapat membantu memberikan tambahan informasi tentang materi kuliah terutama yang akan menempuh perkuliahan kebidanan.

salam dumay (^_^)

0 komentar:

Posting Komentar