Kuliah Kebidanan

Kuliah Kebidanan

Kuliah kebidanan??.... kayaknya jangan dech buat temen-temen yang masih berpikir menjadi wanita karir, secara kuliah kebidanan itu pasti orang-orangnya keibu-ibuan, yang suka sama anak-anak, suka momong, suka gendong bayi dan tentu saja hubungannya pasti ngomongin bayi-bayi mungil or bayi lucu mulu apakah semua itu benar??? Ya tentu saja lah, secara kebidanan gitu loh…. Gkgkgkgk. Bahkan menurut undang-undang di Indonesia di sebutkan bahwa bidan merupakan seorang perempuan bukan cowok atau laki-laki apalagi seorang gentlemen seperti saya .. wekz. ya begitulah bidan merupakan seorang cewek alias perempuan. Menurut cerita teman-teman saya mengenai kuliah kebidanan itu penuh perjuangan, harus mampu menghilangkan ego sebagai seorang mahasiswa dan harus mau menjalani kodratnya (kog kodrat??? Kan kodratnya wanita itu buat jadi perawat baby alias bidan benerkan :P ) , gak bisa ketemu cowok kece (contohnya saya :P) dan sebagainya, pokoknya kuliah kebidanan itu kuliah supaya jadi ibu-ibu banget dech …. Wwkwkwkwk, so yang cewek-cewek tomboy di sinilah tempat anda-anda semua harus di gembleng jadi ibu yang baik hati dan sabar, pengertian, tidak emosian, feminim dan lain sebagainya  :P

Dalam dunia kebidanan sangat jarang sekali terjadi adanya santai untuk relaksasi, katanya sich bahkan ada yang bilang bahwa kuliah kebidanan itu kejam dan sangat kejam sekali, bagaimana tidak saat liburan bagi kalangan mahasiswa tetapi bagi mahasiswa kebidanan hal itu merupakan suatu perjuangan tersendiri, harus mengisi perkuliahan yang sangat-sangat padat, mengganti jadwal yang sebelumnya tidak pernah diikuti dan lain sebagainya, bahkan waktu pulang pun masih ditambahin dengan tugas yang menumpuk tinggi, setinggi langit ampe gak keliatan karena ketinggian alias lupa :P , kemudian waktu hari libur, hari minggu misalnya masih diharuskan untuk mengikuti perkuliahan sebagai gantinya jadwal yang belum terpenuhi, kemudian ujiannya juga tidak cuman satu dua macam doang, kebanyakan ujian perkuliahan hanya ujian UAN, UAS dan ujian praktek itup un kalau ada, sedangkan kuliah kebidanan ujiannya ada ujian akhir semester, ujian akhir nasional, ujian praktek, ujian OSCA, ujian ANC, ujian Phantom, dan yang terakhir yang paling amat susah adalah ujian KTI atau ujian karya tulis ilmiah.

Berikut beberapa komentar beberapa mahasiswa yang setuju dengan kuliah kebidanan dan menikmati perkuliahannya
  1. Kuliah kebidanan itu masa depannya terjamin karena hampir semua bisa dipraktekkan, kalau tidak bisa jadi bidan toh bisa jadi bidan pribadi di rumah :P
  2. kuliah di kebidanan itu membuat mahasiswa mendapat tempat yang layak di dalam masyarakat, dan masa depannya cerah, setidaknya bisa mengetahui asal mula kita dibuat.
  3. Agak lumayan mengirit karena tidak perlu menganggarkan uang khusus untuk membeli baju kampus, dan tidak perlu repot memikirkan pakaian yang fashionable untuk baju ke kampus
  4. Kuliah di kebidanan itu menjanjikan, tetapi semuanya meskipun sudah jelas masa depannya kita masih harus berusaha melakukan yang terbaik dan tidak boleh adem ayem saja, karena nasib orang banyak bakalan berada di tangan kita, dan yang lebih penting saat ini fokus saja dengan tujuan awal dan pelajaran yang kita dapat.
  5. Kuliah di kebidanan itu tidak perlu di buat pusing, santai saja, rileks dan yeng terpenting kita lulus setelah itu bisa langsung kerja.
  6. Kita harus menjalani Kuliah di kebidanan itu apa adanya, tidak usah mengeluh karena nantinya kita juga bakalan merasakan senangnya ibarat berakit-rakit ke hulu berenang-renang kemudian.
  7. Tidak ada ceritanya seorang lulusan kebidanan itu pengangguran kecuali memang tidak mau bekerja karena ruang lingkupnya banyak, bisa buka praktek sendiri bahkan boleh di bilang saat ini di Indonesia masih banyak kekurangan tenaga kesehatan asalkan bisa beradaptasi pasti bisa bekerja dan berhasil.
  8. Semua orang yang berhasil itu pasti butuh adanya proses mulai dari tidak bisa sampai bisa bahkan mampu.  Kita harus ikhlas dan yakin bahwa kita mampu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
  9. Kuliah di kebidanan itu karena cita-cita untuk menjadi bidan.
  10. kuliah di kebidanan itu tidak usah dipikir, biarkan semuanya mengalir,  semua kesulitan pasti ada ujungnya.  Kamu juga harus memikirkan orangtua yang sudah mengeluarkan biaya kuliah yang tidak sedikit dan jadkan semua itu bakti untuk mereka.
  11. kuliah kebidanan merupakan panggilan hati dan tidak ada yang bisa menolak
selain banyak yang suka dengan kuliah kebidanan, ada juga yang ngedumel karena sudah terlanjur masuk kebidanan berikut komentar yang sependapat bahwa kuliah di kebidanan itu tidak mengenakkan dan sangat susah sekali
  1. Kuliah di kebidanan itu 100% tidak ada enaknya.
  2. kuliah di kebidanan itu hanya membuat orang tua bahagia tapi selebihnya membuat kita yang pusing
  3. kuliah di kebidanan itu tujuannya untuk membahagiakan orangtua dan terlebih lagi itu adalah jalan menuju sukses, semakin berat cobaan yang di dapat maka semakin besar pula hasil yang akan kita peroleh.
  4. Kuliah di kebidanan itu harus sabar, jalani dan nikmati saja. semua bakal selesai pada waktunya.
  5. Kuliah di kebidanan itu adalah kontrak yang dulu pernah dibuat oleh kamu sendiri yaitu kontrak dengan jurusan yang paling kejam dan sekarang mau tidak mau harus dihadapi dan dijalani

Dari beberapa komentar teman-teman yang sudah kuliah di kebidanan bisa di simpulkan bahwa kuliah kebidanan itu banyak untungnya dariapada ruginya karena mayoritas berpendapat bahwa kuliah kebidanan itu top markotop :D

KULIAH KEBIDANAN

Lalu bagaimana dengan biaya kuliah kebidanan yang sebenarnya, biaya kuliah kebidanan masih tergolong mahal hal ini dikarenakan biaya praktek perkuliahan yang harus sering di lakukan dan ini juga merupakan hal yang lumayan mahal. Bahkan pernah di bahas di okezone dotcom bahwa untuk kuliah kebidanan hingga lulus setidaknya memerlukan biaya sedikitnya 40 juta hingga 50 juta rupiah. Tetapi kalau mau kuliah kebidanan alternatif yang lumayan murah bisa baca tulisan saya yang berjudul “biaya kuliah kebidanan di poltekkes palangkaraya”.
Untuk yang mau dan bercita-cita ingin berkiprah di dalam dunia kebidanan di Indonesia setidaknya minimal ada 578 perguruan tinggi yang bisa menjadi pilihan untuk menekuni di bidang ini. Berikut daftar perguruan tinggi yang membuka program studi kebidanan


Yah itulah untung ruginya kuliah kebidanan, buat yang mau menjalani dunia kebidanan semoga sukses dan sehat selalu, (masak bidannya yang malah sakit sich :P ) dan untuk yang saat ini sedang menjalani ujian atau akan melaksanakan ujian akhir nasional, semangat dan jangan menyerah, keep fighting until die :) and I hope good luck.

Semoga tulisan saya yang membahas kuliah kebidanan ini bermanfaat untuk semua teman-teman yang terutama akan mengambil jurusan kuliah kebidanan.

Oh iya satu lagi, cewek-cewek kebidanan terkenal cakep-cakep orangnya :) dan saya sangat-sangat salut dengan cewek kebidanan
Salam dumay (^_^)
 

0 komentar:

Poskan Komentar