Mata Kuliah Kebidanan

Mata Kuliah Kebidanan

Mata kuliah kebidanan diberikan kepada mahasiswa kebidanan dengan tujuan agar mahasiswa mendapat ketrampilan dalam memberikan layanan, kemampuan dan keahlian dalam asuhan kebidanan dan manajemen kebidanan.  Dengan demikian, mahasiswa yang sudah lulus diharapkan mampu melaksanakan perawatan kebidanan pada masing-masing individu, keluarga dan masyarakat serta mampu mengelola pelayanan kesehatan ibu dan anak maupun masyarakat, dan juga mampu memecahkan permasalahan kesehatan secara umum maupun secara khusus dalam rangka meningkatkan manajemen pelayanan dan upaya kesehatan kepada masyarakat.

Mata Kuliah kebidanan yang pokok ada beberapa yang harus di tempuh, berikut daftar mata kuliah dan deskripsinya yang wajib dan harus di tempuh oleh mahasiswa kebidanan sebagai syarat kelulusannya :
Mata Kuliah Agama
Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk memahami tentang prinsip-prinsip agama yang diakui di Indonesia, agama dalam hubungannya dengan kesehatan terutama dalam pelayanan kebidanan. Adapun pokok bahasannya diantaranya prinsip dan kaidah agama yang diakui di Indonesia, ajaran agama yang berhubungan dengan praktek kebidanan, hubungan agama dengan nilai moral dan etika dalam praktek kebidanan.

Mata Kuliah Anatomi
Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa dapat memahami dasar ilmu anatomi , pembagian anatomi tubuh, istilah yang lazim dipakai pada deskripsi anatomi, aksis dan bidang penting, posisi anatomi, arah pergerakan otot, struktur sel dan jaringan. menunjukkan sistem musku skeletal, skeletal yang terdiri dari struktur jaringan tulang, klasifikasi tulang, tulang tengkorak, rangka dada, tulang belakang panggul, ekstremitas atas dan bawah, sendi, otot, Fasia atau Hubungan system musculoskeletal dengan reproduksi wanita, Menunjukkan sistem kardiovaskuler, struktur sistem kardiovaskuler (anatomi jantung dan pembuluh darah), sirkulasi orang dewasa, sistem pernafasan, sistem sayaraf tubuh, sistem kulit atau integument, sistem pencernaan, sistem kandung kemih, sistem reproduksi pada manusia, sistem panca indra, anatomi pada sistem kelenjar endokrin serta hormon-hormon yang berkaitan dengan reproduksi wanita.

Mata Kuliah Bahasa Inggris

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa agar dapat mengikuti perkembangan ilmu teknologi dan kemampuan bersaing dalam menghadapi era globalisasi dan pasar bebas.

Mata Kuliah Biokimia

Mata kuliah ini membahas tentang aspek kimia dalam tubuh manusia, aspek kimia yang berhubungan dengan tubuh manusia dengan topik bahasan biomolekul, metoda biokimia , struktur dan fungsi protein dan enzim, bioenergika, metabolisme karbohidrat, lipid dan protein, struktur fungsi dan replikasi makromolokul informasi, biokimia komunikasi ekstra dan intra seluler.

Mata Kuliah Etika Umum
Mata kuliah ini membahas tentang prinsip etika moral dan isu legal kebidanan untuk membentuk prilaku profesional dalam berkarya di pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kebidanan baik kepada individu, keluarga dan masyarakat. Kegiatan belajar dilakukan melalui kuliah, diskusi penugasan dan seminar, simulasi dan demonstrasi

Mata Kuliah Fisiologi
Memahami Fisiologi sel dan jaringan, menjelaskan peristiwa refleksi gerak dan postur tubuh, Menjelaskan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh, Menjelaskan perkembangan sel-sel darah dan sistem limpatik, Mendiskripsikan fungsi sistem kardiovaskuler, Mendiskripsikan proses oksigensasi, Mendiskripsikan fungsi neuro endokrin dan hipotalamus, Mendiskripsikan fungsi organ reproduksi manusia, Mendiskripsikan fungsi organ reproduksi wanita, Mendeskripsikan proses metabolisme, mempelajari Pembentukan panas dalam tubuh dan factor yang mempengaruhi, Fisiologi organ aksesoris sistem pencernaan, Mendefinisikan fisiologi ginjal, Mendiskripsikan fisiologi ureter vesica urinaria dan uretra proses berkemih, Mendeskripsikan fungsi panca indera.

Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar
Menjelaskan konsep ilmu sosial dan budaya dasar, kelompok sosial, interaksi sosial, Mengidentifikasi perkembangan nilai-nilai budaya terhadap induvidu keluarga dan masyarakat, pengertian kebudayaan, Sistem budaya dan sistem sosial, perkembangan nilai budaya, Fsktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan-perkembangan nilai-nilai budaya, Menghubungkan nilai budaya individu dengan kesehatan masyarakat, pengertian dan penjelasan mengenai masyarakat pedesaan dan perkotaan dan sebagai nya.

Mata Kuliah Konsep Kebidanan
Mata kuliah ini membahas tentang konsep kebidanan yang meliputi : filosofi dan konseptual kebidanan, paradigma asuhan kebidanan, perkembangan profesi bidan, pelayanan kebidanan dan pendidikan Bidan secara nasional dan internasional, pengembangan karir dan sistem penghargaan bagi bidan.

Mata Kuliah asuhan kebidanan
Membahas tentang penerapan asuhan kebidanan pada wanita pra perkawinan, kehamilan, persalinan, nipas dan bayi baru lahir, komplikasi, resiko tinggi dan patologi dengan pendekatan manajemen kebidanan.
Membahas tentang pemantauan tumbuh kembang bayi dan anak balita, kelainan-kelainan penyakit yang lazim timbul dan cara penanganan, pertolongan pertama pada keadaan kelukaan dan kecelakaan. Mata kuliah ini membahas tentang asuhan kebidanan pada calon akseptor, akseptor bermasalah dan tidak bermasalah serta cara penanggulangannya; KIE dan pelayanan kontrasepsi. Mata kuliah ini membahas tentang penyakit alat kandungan, gangguan sistem reproduksi dan asuhan kebidanan pada wanita yang meliputi penyakit alat kandungan, infeksi alat kandungan, tumor alat kandungan, gangguan sistem reproduksi, gangguan menstruasi

Mata Kuliah Dokumentasi Kebidanan
Mata kuliah ini membahas tentang cara-cara pencatatan dan pelaporan pelayanan kebidanan, jenis-jenis pencatatan pelaporan, sistem pelaporan dan sistem informasi komputer.

Mata Kuliah Mikrobiologi
Mata kuliah ini membahas tentang mikroorganisme dan parasit yang mempengaruhi kesehatan ibu dan cara pemeriksaan laboratorium.

Mata Kuliah Psikologi
Mata kuliah ini membahas tentang teori dan konsep psikologi, terhadap perkembangan, proses adaptasi psikologis sepanjang daur kehidupan, selama proses kehamilan, persalinan, nifas dan menyusui serta bagaimana cara mengelola perubahan tersebut. Mata kuliah ini diberikan dalam bentuk ceramah, penugasan, diskusi, bermain pesan, simulasi dan observasi lapangan.

MATA KULIAH KEBIDANAN

Mata Kuliah kebidanan yang lain yang belum saya jelaskan diantaranya :

  • Mata Kuliah Gizi dalam Kespro
  • Mata Kuliah KIPK
  • Mata Kuliah Fisika
  • Mata Kuliah Obstetri Fisiologi
  • Mata Kuliah Pancasila dan Kewiraan
  • Mata Kuliah ASKEB Neonatus
  • Mata Kuliah Etika Profesi dan Hukum
  • Mata Kuliah Farmakologi
  • Mata Kuliah Ilmu Kesehatan Anak
  • Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi
  • Mata Kuliah ASKEB 4
  • Mata Kuliah Epidimiologi
  • Mata Kuliah Gynekologi
  • Mata Kuliah Kesehatan Masyarakat
  • Mata Kuliah Kebidanan Komunitas (ASKEB 5)
  • Mata Kuliah Pelayanan KB
  • Mata Kuliah Promosi Kesehatan (PromKes)
  • Mata Kuliah Patologi Kebidanan (ASKEB 4)
  • Mata Kuliah Biostatistik
  • Mata Kuliah Ilmu Penyakit Umum
  • Mata Kuliah Metodologi Penelitian
  • Mata Kuliah Mutu Pelayanan Kebidanan

Untuk yang mau melihat contoh mata kuliah kebidanan dari beberapa universitas yang sempat saya download seperti berikut ini mata kuliah kebidanan dan klik di sini 

Semoga sedikit tulisan ini bisa memberi pencerahan untuk teman-teman semua, salam dumay (^_^

0 komentar:

Posting Komentar