Resep Masakan Cah Kangkung campur Teri

Resep Masakan Cah Kangkung campur Teri

Bagi seorang mahasiswa harus pintar-pintar membagi keuangan karena rata-rata mahasiswa berpenyakit kanker semua alias kantong kering gkgkgkgk.. salah satu hal yang menjadi pengeluaran terbanyak bagi kebanyakan mahasiswa adalah biaya hidup di negeri orang, terutama dalam hal makanan. Salah satu caranya adalah mencari makanan yang full service warung ala mahasiswa yaitu warung-warung yang dekat dengan kampus yang biasanya harganya terjangkau kantong mahasiswa. Tetapi terkadang juga harganya murah tetapi kuantitasnya kecil alias tidak bisa kenyang, emang benar sich kalo ada yang bilang harga gk bisa boong :P .

Coba saja bayangin kalau di daerah saya untuk makan satu porsi minimal harus merogoh kocek 10-15 ribu satu porsi sedangkan kita normalnya makan 3 kali sehari, setidaknya harus mengeluarkan 30ribu sehari, bagaimana satu bulan tentu saja bisa habis 900ribu, belum bensin untuk berangkat menuju warung makan belum juga jajan dan lain sebagainya.. hehehe, boros amat yach :D

Alternatif yang lain tentu saja masak sendiri, bisa makan kenyang tidak bikin kantong kering meskipun memerlukan waktu lumayan lama. Masaknya ajah bisa sejam – dua jam, makannya cuman 5 menit :P . jago banget yach. Dan kesempatan kali ini saya mau sharing resep masakan cah kangkung campur teri yang lumayan uenak bagi mahasiswa seperti saya, makan pun bisa 3 kali sehari kalo perlu 3 porsi sekali makan :P
Kenapa cah kangkung, karena cah kangkung sangat simple memasaknya dan gk bikin ribet, gitu aja kog repot kelakar almarhum Gus Dur mantan presiden RI ke 4 :D . dan yang jelas saya menulis resep masakan cah kangkung campur teri pun tidak susah :D

Bahan utama yang diperlukan untuk memasak cah kangkung campur teri tentu saja kangkung dan teri. Untuk daftarnya sebagai berikut :

RESEP MASAKAN CAH KANGKUNG CAMPUR TERI
Bahan :
Kangkung segar     500gr
Teri    100 grm
Bumbu :
Cabe rawit 3 buah
Bawang merah 3 siung
Bawang putih 1 siung
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Cara memasak resep masakan cah kangkung campur teri :
  1. Selanjutnya siapkan terlebih dahulu sayuran atau kangkungnya, buang daun yang sudah menguning atau yang busuk, buang juga batang yang terlihat keras kemudian potong-potong kira-kira sepanjang 3-5 cm. setelah itu cuci bersih. Kemudian di rebus. Nantinya apabila sayuran telah masak, kemudian tiriskan.
  2. Sambil menunggu sayuran masak kita siapkan bumbunya, bersihkan kulit bawang merah dan bawang putih kemudian tumis menjadi irisan kecil-kecil, tumis juga cabe rawitnya.
  3. Kemudian kita siapkan lauk tempenya , potong tempe memanjang kira-kira berukuran 5-6 cm lebar 4 cm, kemudian siapkan cobek, beri air sedikit campur dengan garam dan penyedap rasa. Guling-guling kan tempe kedalam larutan garam dan penyedap rasa tadi hingga larutan meresap ke dalam tempe. Kemudian goreng. Tempe yang matang akan terlihat kekuning-kuningan dan agak kering. Kemudian tiriskan dan siapkan di piring kecil.
  4. Selanjutnya kita goreng ikan teri yang sudah kita siapkan. Bisa dicuci terlebih dahulu, tergantung selera masing-masing. Karena biasanya setelah di cuci kandungan garam di dalam ikan teri agak berkurang. Kira-kira aroma ikan teri sudah harum, angkat dan tiriskan.
  5. Selanjutnya kita tumis bumbu yang sudah kita siapkan tadi dengan sedikit minyak goreng campur juga dengan sedikit penyedap rasa dan garam, jangan terlalu banyak garam nanti rasanya terlalu asin, jangan juga terlalu banyak penyedap rasa nanti rasanya agak getir. Untuk minyak gorengnya kira-kira 5 sendok makan sudah cukup. Setelah di tumis dan tercium aroma harum segera masukkan tirisan sayuran yang sudah masak tadi kemudian aduk-aduk hingga rata.
  6. Campurkan teri yang tadi telah di goreng ke dalam masakan dan aduk kembali hingga merata.
  7. Tambahkan sedikit air supaya bumbu dan sayuran tercampur sempurna, dan biarkan sebentar sehingga bumbu meresap kedalam sayuran.
  8. Hidangkan ke dalam mangkok dan tambahkan hiasan tempe goreng di sampingnya. Dan siap di hidangkan.
Itulah resep masakan cah kangkung campur teri versi saya, dan itu cukup untuk 3 porsi makan. Bisa makan 3 kali mpe kenyang :D

Semoga resep masakan cah kangkung campur teri ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi mahasiswa yang lagi ngirit dan sudah terkena gejala kantong kering :D
Salam dumay (^_^)


0 komentar:

Posting Komentar