Dua Hal yang menerangi bumi yaitu matahari dari langit dan pers dari bumi

Dua Hal yang menerangi bumi yaitu matahari dari langit dan pers dari bumi

Perkembangan masyarakat Indonesia kian pesat, dimulai dari masyarakat agraris, kemudian menjadi masyarakat industry dan saat ini sudah menjadi masyarakat informasi. Salah satu indikasi kemakmuran suatu masyarakat adalah berkembangnya teknologi dan informasi. Perkembangan penggunaan teknologi informasi berbanding lurus dengan kemakmuran suatu masyarakat, jadi bisa dikatakan semakin berkembang dan maju suatu masyarakat maka masyarakat lebih makmur. Oleh sebab itu saat ini pemerintah Indonesia menggalakkan gerakan internet agar masyarakat Indonesia menjadi masyarakat informasi dan tidak gagap teknologi agar kemakmuran masyarakat dapat tercapai.

Mark Twain salah satu tokoh pada abad 17 mengatakan bahwa ada dua hal yang menerangi bumi yaitu matahari dari langit dan pers dari bumi. Betapa pers sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat . Pada jaman perjuangan kemerdekaan pers membantu pemerintah menyebarkan informasi-informasi tentang perlunya persatuan dalam berjuang serta menyebarkan kemerdekaan baik di dalam negeri hingga ke luar negeri. Yang selanjutnya pada jaman agraris, pers membantu pemerintah untuk menyerukan kepada masyarakat agar bisa mandiri dalam hal pangan, hingga masyarakat industri yang menyebarkan informasi agar produksi dari industry dapat di terima oleh masyarakat. Hingga kini di era millennium yang merupakan era informasi yang berkembang dengan pesat. Informasi berkembang dan merupakan hal yang mempengaruhi di hampir semua lini kehidupan, mulai dari kesehatan, gaya hidup, bahkan berpolitik dan bermasyarakat saat ini mengikuti trend informasi dari pers. Sehingga bisa di katakan bahwa pers mempengaruhi kehidupan masyarakat saat ini, baik buruknya opini yang berkembang di dalam masyarakat bisa terlihat dari informasi pers yang beredar pada masyarakat.

Dua Hal yang menerangi bumi yaitu matahari dari langit dan pers dari bumi. Matahari yang menerangi bumi dengan artian secara fisik yaitu dengan sinarnya matahari menerangi bumi, sedangkan pers menerangi bumi dalam artian secara spiritual yaitu dengan informasinya menerangi cara berpikir dan hati manusia

Betapa pers saat ini sungguh sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Perbedan pers masyarakat doloe pada jaman agraris dan industry dengan sekarang jaman informasi adalah masyarakat dulu yang mencari dan haus akan informasi sedangkan saat ini informasi yang mendatangi kepada masyarakat melalui gadget, iklan televisi, radio, promo di fasilitas umum bahkan menjadi brand image di kehidupan masyarakat tanpa masyarakat itu menyadari sendiri, salah satu contohnya yang seharusnya pompa air menjadi hitachi ataupun sanyo dan masih banyak yang lainnya.

DUA HAL YANG MENERANGI BUMI YAITU MATAHARI DARI LANGIT DAN PERS DARI BUMI

Dan saat ini masyarakat yang sudah berkembang menjadi masyarakat informasi tentu saja kelebihan kapasitas dalam pencarian informasi, sehingga informasi bercampur antara yang benar dan salah, antara yang real asli dan palsu, antara yang baik dan buruk sehingga kerancuan kebenaran informasi terjadi di dalam masyarakat. Sehingga dengan adanya hal ini masyarakat di tuntut untuk bisa memilah-milah informasi yang benar-benar perlu dan di butuhkan serta informasi yang benar-benar real dan terbukti.

Dan saat ini dengan semakin berkembangnya dan murahnya teknologi informasi menyebabkan masyarakat bisa ikut meramaikan dunia pers. Tidak lagi pemerintah ataupun pemilik perangkat informasi saja yang bisa meramaikan dunia pers. Sehingga kita sebagai masyarakat yang ikut meramaikan dunia pers termasuk masyarakat yang menerangi bumi.

Selamat hari pers, selamat bagi KITA  semua, mari bersama menyelamatkan bumi untuk kualitas peradaban.
Kutipan dan saduran dari milist.
salam dumay (^_^)

0 komentar:

Posting Komentar