Materi Kuliah Sistem Informasi Akuntansi


Materi Kuliah Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi atau yang biasa disingkat dengan SIA adalah materi perkuliahan yang berisi tentang penggunaan sistem informasi didalam akuntansi. Isi keseluruhan dari materi perkuliahannya antara lain penggunaan aplikasi toko, excel, office serta aplikasi-aplikasi yang sering digunakan atau aplikatif dalam pengolahan data akuntansi.
Salah satu kasus sistem informasi akuntansi adalah penggunaan dalam penjualan tunai. Dalam penjualan tunai ada beberapa prosedur yang dijalani diantaranya :
  1. Prosedur pemesanan penjualan
  2. Prosedur penerimaan kas
  3. Prosedur pengemasan dan penyerahan barang
  4. Dan yang terakhir adalah prosedur pencatatan penjualan dan penerimaan kas
Dari semua prosedur-prosedur yang ada diatas, maka sistem informasi diperlukan untuk membantu mempercepat alur proses berjalannya informasi. Dalam kasus diatas Sistem Informasi Akuntasi dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian atau kelompok kerja  diantaranya :
  1. Bagian penjualan, pada bagian ini petugas memberikan faktur penjualan kepada pembeli untuk melakukan pembayaran sesuai dengan barang yang di  beli.
  2. Bagian kas, pada bagian ini pembeli menyerahkan alat tukar secara kas baik menggunakan dana tunai ataupun menggunakan pembayaran debet.
  3. Bagian pengepakan atau pembungkusan, setelah proses pada  bagian kas maka barang yang telah di beli dilakukan pembungkusan agar mudah bagi pembeli untuk membawa belanjaannya. Serta dapat dicata pula data barang yang keluar dari gudang
  4. Bagian akuntasi, setelah semua selesai maka proses selanjutnya adalah proses akuntansi yang agak rumit sehingga diperlukan didalamnya suatu sistem informasi akuntansi. Pada bagian ini petugas mendapat faktur penjualan berupa besarnya penjualan dan mendapat dokumen dalam pengeluaran barang dari gudang atau bagian pembungkusan.

MATERI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Dalam proses sistem informasi selanjutnya ada beberapa dokumen dan laporan yang diperlukan yang merupakan output dan input dari sistem informasi akuntansi itu sendiri.
Yang merupakan dokumen pada sistem informasi akuntasi diantaranya :
  1. Jurnal penjualan, pada dokumen ini semua penjualan dicatat berdasarkan tanggal dan waktu yang ada, besarnya penjualan serta jumlam penjualan. Semua transaksi penjualan dicatat dalam jurnl ini.
  2. Jurnal penerimaan kas, pada jurnal ini hanya mencatat semua aliran kas yang terjadi. Semua penambahan kas akan dicatat dalam jurnal ini.
  3. Jurnal pengeluaran kas, pada jurnal ini ,mencatat penggunaan kas yang ada baik itu pengeluaran tidk terduga ataupun untuk pembelian persediaan barang.
  4. Jurnal persediaan barang, pada jurnal ini mencatat semua persediaan barang yang masih ada, serta pengeluaran barang yang keluar dari gudang.
Untuk pelaporan dalam sistem informasi akuntansi terdapat beberapa laporan diantaranya :
  • Laporan penjualan berdasar pelanggan
  • laporan penjualan berdasar lokasi penjualan
  • laporan penjualan berdasar jenis barang
  • laporan penjualan berdasar marketing atau bagian penjualan.
Demikian sedikit materi sistem informasi akuntansi dari ane gan. (^_^)

0 komentar:

Posting Komentar