Kuliah Jurusan Informatika

Kuliah Jurusan Informatika

Pertama kali kita mendengar kuliah jurusan Informatika pastilah kita semua hal yang berhubungan dengan komputer dan hal-hal rumit yang berhubungan dengan dunia elektronik dan segala sesuatu yang dianggap canggih dan wah.  Tetapi apa sich sebenarnya kuliah jurusan Informatika itu??

Sebenarnya kuliah jurusan informatika itu sendiri tidak seperti yang kebanyakan orang awam bayangkan, memang ada beberapa yang ada benarnya tetapi ada juga banyak salahnya hal ini karena banyaknya cerita-cerita atau film-film fiksi ilmiah yang di pertontonkan kepada kita pada kebanyakan film fiksi ilmiah. Kebanyakan fiksi-fiksi ilmiah hanya memberikan gambaran dan ide akan kemungkinan teknologi yang dapat berkembang dan meskipun ide teknologi itu dalam beberapa hal tidak bisa di wujudkan. Tetapi ada beberapa yang benar tetapi boleh saya katakan bahwa apabila kita membayangkan kuliah jurusan Informatika dengan film fiksi ilmiah yang ada hasilnya hanyalah tiga puluh sampai empat puluh persen saja yang benar dan yang lainnya masih dalam tahap pengembangan dan belum tentu dapat terwujud.

Yang sebenarnya terjadi pada kenyataannya adalah kita mahasiswa mendapat dasar-dasar dari pengetahuan tentang sebuah teknologi dan selanjutnya teknologi yang sudah canggih dan wah hanya digunakan pada perusahaan-perusahaan besar yang mampu mendanai dan hanya beberapa saja yang kita dapatkan dari bangku perkuliahan.

KULIAH JURUSAN INFORMATIKA


Kuliah Jurusan Informatika sendiri sebenarnya merupakan cabang dari Computer science yaitu yang biasa disebut dengan Teknik Informatika atau ilmu komputer.  Hal ini mengacu pada kurikulum di Indonesia. Adapun acuan kurikulum informatika atau komputer di Indonesia terbagi menjadi 3 jurusan

  1. Computer Science, untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu komputer. mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotic, computer vision, intelligence system, bio – informatika, dan hal – hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus mempelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar – dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.
  2. Computer Enginering, untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer mempelajari tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah mengenai hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami proses interaksi antara bagian tersebut. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware
  3. Informatika System, untuk Sistem Informatika atau Manajemen Informatika, mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process) serta mendesain sistem berdasarkan pada tujuan organisasi.

Itulah sebenarnya perbedaan dari semua jurusan informatika atau jurusan komputer yang ada di Indonesia, dan tidak hanya melulu membuat sesuatu yang canggih seperti yang ada di film fiksi ilmiah. Bahkan pernah juga saya diminta untuk memperbaiki handphone yang rusak, mentang-mentang saya lulusan teknik informatika kemudian dianggap bisa memperbaiki semua hal yang berkaitan dengan teknologi bahkan pernah pula diminta untuk memperbaiki televisi :P . saya hanya berpikir saya bukan teknik elektro :D
Kebanyakan kuliah Jurusan Informatika di perguruan tinggi di Indonesia hampir sama semua kurikulumnya hanya bobot dan pembebanan mata kuliah atau bidang studi yang berbeda yang nantinya menentukan kelanjutan karir dari mahasiswanya.

Ya itulah semua gambaran tentang perkuliahan teknik Informatika, atau kuliah jurusan informatika. Semoga informasi yang saya berikan bisa berguna untuk semuanya terutama bagi mahasiswa yang akan mengambil atau berminat untuk memasuki dunia perkuliahan informatika.

Untuk informasi tentang perguruan jurusan informatika atau jurusan komputer maupun sistem informatika bisa di lihat pada artikel saya yang berjudul Kuliah Jurusan Komputer.

Salam dumay (^_^)

13 komentar:

  1. Maf saya mau minta pencerahan.
    Saya baru tamat SMA dan berniat kuliah jurusan teknik informasi . Tetapi saya canggung krn saya blum sepenuhnya tau planing untuk teknik informasi jikalau pasca sarjana..
    Saya sempat berfikir.. Jikalah saya telah menyelesaikan masa2 kuliah saya dan di tuntut untuk bekerja. Kira2 apa ada persuhaan yg membutuhkan jasa saya ini .
    Mohon pencerahannya kakak sekalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pasca sarjana teknik informasi buanyak, misalnya master engineering, dll
      kalau untuk kebutuhan perusahaan akan tenagan teknik informasi juga banyak. coba cek saja di jobstreet atau jobsdb(situs lowongan kerja) akan kebutuhan teknik informasi biasanya terbagi jadi 3, perangkat keras, perangkat lunak dan sistem administrator..
      semoga membantu :) salam

      Hapus
  2. Nama sarjana lulusan Teknologi Informasi apa ? & planing kedepan nya akan bekerja sebagai apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk mesti mas bro tergantung dari universitas yang diikutin ada yang ST, ada yang S.kom ...

      Hapus
  3. maaf sbelumnya,, sya jg mau mnta pncerahan :D
    saya jg brminat msuk T. Infrmatika,, tp saya masih ragu dgn kemampuan saya akan kmputer
    tkutnya sya mnjdi mahasiswa yg trbelakang
    trims. sbelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeeeeeeee..... gk usah takut mas bro, ane juga gk jago di komputer dan banyak juga yang mahasiswa komputer ngetiknya pake 10 jari bahkan awal-awal angkatan baru malah dosennya nginstall komputer tidak bisa (meskipun bkan kewajiban bisa tetapi kan setidaknya kan ngerti soalnya udah lama berkecimpung di dunia komputer)
      salam...

      Hapus
  4. Saya pengen masuk jurusan teknik informatika tpi saya pengetahuan saya masih standard akan komputer dan softwarenya, dan pelajaran codingnya itu gmn ya, saya ragu untuk masalah coding soalnya pengetahuan tentang coding masih di bawah standard.
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menyelam sambil minum air ajh... asalkan fokus aj, jangan semua yang di dalami...

      Hapus
  5. Maaf sebelum nya kak,,
    boleh gak kakak sebut kan aplikasi atau software apa saja sih yang mendukung untuk mempelajari manajemen informatika??

    tolong jawab y kak,, terima kasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk mempelajari manajemen informatika saya belum tahu, soalnya lebih ke arah manajemen (software buat manajemen orang apa??? bingung dech :P )
      kalau untuk manajemen proyek ada kog yang seperti microsoft project plan, coba cari pake keyword plan project

      Hapus
  6. kak katanya di TI cewe nya dikit bgd ya?
    saya cewe dan berniat masuk TI, tapi masih bingung.
    soalnya pengetahun ttg komputer jg masih minim, cuma suka ngubek2 blog.. kira2 cocok gag ya masuk TI ,takutnya setelah nyemplung gag kuat ma materinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di luar negeri gaji tenaga IT cewek di hargai leih mahal..
      kalau berdasarkan ketelitian otomatis cewek lebih teliti (biasanya sich) trus ngoding itu orangnya harus teliti...
      yang penting minatx donk, kan gk ada yang susah kalau ada kemauan....

      Hapus