Ilmu Bidan

Ilmu Bidan

Ilmu bidan merupakan suatu ilmu yang harus dimiliki oleh seorang bidan atau yang biasa di sebut sebagai kebidanan. Bidan merupakan seseorang yang memiliki kemampuan membantu di dalam persalinan. Ilmu bidan pada jaman dulu di Indonesia dimiliki oleh dukun anak yang ilmunya di turunkan secara turun temurun dan akhirnya hingga kini, mengikuti perkembangan jaman akhirnya ilmu bidan mengalami perkembangan dan ada sekolahnya. Sedangkan ilmu dukun anak terkadang masih di jumpai hingga saat ini hanya saja sudah berbeda.

Seorang bidan diakui sebagai tenaga professional yang harus bertanggung-jawab dan akuntabel serta bekerja sebagai mitra dalam memberikan dukungan, asuhan, nasehat dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, seorang bidan juga memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir dan bayinya.

Kegiatan bidan mencakup semua upaya pencegahan, mulai dari mendeteksi persalinan normal, deteksi komplikasi pada ibu dan anak dan memberikan akses bantuan medis atau bantuan lain yang sesuai dari pihak lain, serta melaksanakan tindakan apabila terjadi kejadian gawat darurat.

Ilmu bidan atau Kebidanan merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari keilmuan dan seni yang mempersiapkan kehamilan, menolong persalinan, nifas dan menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, klimakterium dan menopause, bayi baru lahir dan balita, fungsi–fungsi reproduksi manusia serta memberikan bantuan dan dukungan pada perempuan, keluarga dan yang berhubungan.

ILMU BIDAN

Definisi bidan menurut International Confederation Of Midwives (ICM) yang dianut dan diadopsi oleh seluruh organisasi bidan di seluruh dunia, dan diakui oleh WHO dan Federation of International Gynecologist Obstetrition (FIGO). Definisi tersebut secara berkala di review dalam pertemuan Internasional / Kongres ICM. Definisi terakhir disusun melalui konggres ICM ke 27, pada bulan Juli tahun 2005 di Brisbane Australia ditetapkan sebagai berikut: Bidan adalah seseorang yang telah mengikuti program pendidikan bidan yang diakui di negaranya, telah lulus dari pendidikan tersebut, serta memenuhi kualifikasi untuk didaftar (register) dan atau memiliki izin yang sah (lisensi) untuk melakukan praktik bidan

Praktik bidan sendiri meliputi semua hal yang berkaitan dengan proses persalinan ibu dan anak serta hal-hal yang mempengaruhinya hingga kesehatan ibu dan anak.

Ilmu bidan biasa dikaitkan dengan cabang ilmu kedokteran yang disebut obstetric. Obstetri merupakan cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan persalinan, hal-hal yang mendahuluinya dan gejala-gejala sisanya (Oxford English Dictionary, 1933). Obstetri terutama membahas tentang fenomena dan penatalaksanaan kehamilan, persalinan puerperium baik pada keadaan normal maupun abnormal. Nama lain obstetri adalah midwifery.

Tujuan obstetri yaitu agar supaya setiap kehamilan yang diharapkan dan berpuncak pada ibu dan bayi yang sehat. Juga berusaha keras mengecilkan jumlah kematian wanita dan bayi sebagai akibat proses reproduksi atau jumlah kecacatan fisik, intelektual dan emosional yang diakibatkannya.

Didalam mempelajari Ilmu bidan, seorang mahasiswa akan mempelajari pelayanan kebidanan, praktek kebidanan, manajemen asuhan kebidanan, kegiatan asihan kebidanan.

Pelayanan kebidanan adalah bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan yang telah terdaftar (teregister di pemerintah) yang dapat dilakukan secara mandiri, kerjasama ataupun rujukan atau permintaan bantuan.

Praktik Kebidanan merupakan implementasi dari ilmu kebidanan oleh bidan yang bersifat mandiri dan otonom kepada perempuan, keluarga dan komunitasnya, didasari etika dan kode etik bidan

Manajemen Asuhan Kebidanan merupakan pendekatan dan kerangka berpikir yang digunakan oleh bidan dalam menerapkan metode pemecahan masalah secara sistematis mulai dari pengumpulan data, analisis data, diagnosa kebidanan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Asuhan kebidanan adalah proses pengambilan keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh bidan sesuai dengan wewenang dan ruang lingkup praktiknya berdasarkan ilmu dan kiat kebidanan.

Ilmu bidan sangat-sangat diperlukan karena menyangkut kehidupan manusia dan sangat penting. Salah satu bukti bahwa ilmu bidan sangat penting terutama bagi ibu dan anak adalah masih adanya kematian ibu dan anak yang diakibatkan proses persalinan. Berikut video ilmu bidan yang dimiliki oleh polwan yang dapat menjadi contoh bagi kita semua


Demikian sekilas mengenai ilmu bidan atau yang biasa disebut kebidanan.
Semoga membantu, salam dumay (^_^)

0 komentar:

Posting Komentar