Biaya Kuliah Di Program pasca Sarjana Universitas Palangkaraya

Biaya Kuliah Di Program pasca Sarjana Universitas Palangkaraya

Pernah sekali saya di tanya oleh teman bagaimana cara mendaftar di S2 Universitas Palangkaraya? saya pun diam karena masih belum mengerti prosesnya atau bagaimana kuliah pasca sarjana di Universitas palangkaraya. Ternyata setelah saya tanyakan syarat pendaftarannya cukup mudah hanya mendaftar dan membayar biaya pendaftarannya sebesar 500ribu (saat ini) kemudian menunggu berita untuk mengikuti ujian seleksi setelah itu menunggu kembali hasilnya apakah lulus ujian seleksi atau tidak. Dan selanjutnya setelah lulus ujian seleksi bisa dilanjutkan dengan heregistrasi dan membayar biaya administrasi. Hal itu merupakan hal yang wajar menurut saya, tetapi setelah saya perhatikan biaya kuliah nya jauh sekali bila dibandingkan dengan perkuliahan s1. biayanya bisa menjadi 10kali lipat dibandingkan dengan biaya kuliah di S1

Biaya kuliah program pasca sarjana di universitas palangkaraya setidaknya menghabiskan dana sebesar 150juta selama 2 tahun tidak termasuk biaya hidup, coba bandingkan dengan biaya kuliah s1 selama 5 tahun yang menghabiskan dana untuk perkuliahan hanya sebesar  7 sampai dengan 10 juta. Mengapa demikian? Ternyata biaya per mata kuliahnya saja sebesar 2 juta per mata kuliah kalau di s1 hanya sebesar 25ribu saja per sks atau 75ribu untuk mata kuliah yang 3 sks.  Sedangkan biaya spp per semesternya sebesar 10juta, masih berminat kuliah s2??  Mengingat besarnya biaya perkuliahan yang sangat besar tersebut mengingatkan pertanyaan teman saya yang dulu, seharusnya dia bertanya berapa biaya kuliahnya bukannya menanyakan cara mendaftarnya karena cara pendaftaran dan registrasinya hampir sama dengan pendaftaran di s1 yang berbeda hanya biayanya :D

Kog bisa begitu mahal biaya kuliah di program pascasarjana?? Berikut saya tambahkan rincian biaya untuk program pascca sarjana di Universitas Palangkaraya :
  • Biaya pendaftaran yang di bayarkan saat mengambil formulir pendaftaran sebesar 500 ribu
  • Biaya SPP sebesar 10 juta persemester, berarti per bulan setidaknya hampir  sebesar 2juta rupiah
  • Biaya matrikulasi sebesar 2 juta rupiah per mata kuliah, minimal mata kuliah yang diambil agar lulus sebesar 44 mata kuliah
  • Sumbangan untuk pembangunan alias uang pembangunan sebesar 10juta
  • Herregistrasi sebesar 500ribu persemester dan KTM serta kartu perpustakaan masing-masing 150rb
Kalau di total semua biaya kuliahnya bisa menghabiskan dana sebesar 140an juta hanya selama 2 tahun, dan rasanya buat saya hal itu masih belum di perlukan alias kadida duitnya wal ae :P

Mengingat biaya kuliah di Universitas palangkaraya sangat besar begitu untuk perkuliahan regulernya, hal ini mengingatkan saya tentang tawaran program S2 oleh saudara di Malang yang hanya menghabiskan dana hanya sebesar 25juta, hanya saja perkuliahannya jarak jauh dan melakukan pertemuan hanya sebulan atau seminggu sekali, tergantung dengan keperluan semua mahasiswa apakah ada yang perlu di diskusikan atau tidak. Perkuliahannya lebih seperti kuliah di Universitas Terbuka dan setiap tahunnya dia bisa menjaring calon mahasiswa minimal 25 orang agar bisa diadakan perkuliahan. Coba bandingkan kembali dengan perkuliahan s2 reguler yang sangat melambung sekali biaya kuliahnya.

Itulah ulasan saya mengenai biaya kuliah di Program pascasarjana di Universitas Palangkaraya, dan menurut amin saya :D biaya kuliah pascasarjana di semua Universitas rata-rata hampir sama dengan Universitas Palangkaraya, kalau tidak percaya bisa di cek n ricek sendiri yach :)

Semoga itu sedikit informasi dari saya mengenai biaya kuliah di program pascasarjana, semoga membantu sobat-sobat semua yang ingin melanjutkan program studinya ke jenjang yang lebih tinggi.
Salam dumay (^_^)

0 komentar:

Posting Komentar