Materi Kuliah Kebidanan

Materi Kuliah Kebidanan

Salam sukses dumay (^_^)
Kali ini saya ingin membahas mengenai perkuliahan di jurusan kebidanan.  Dari anggapan secara umum di masyarakat bidan adalah seseorang yang khususnya menangani masalah persalinan yang lebih lagi mereka adalah perempuan, untuk bidan hanya menangani persalinan itu benar adanya kemudian apakah ada bidan laki-laki??? Tentu saja ada donk, karena syarat untuk mendaftar menjadi bidan tidak hanya diperbolehkan sebagai perempuan saja :D . Jadi bidan itu tidak melulu cewek saja dan ternyata cowok juga bisa dan banyak juga bidan laki-laki yang menangani ibu-ibu bersalin tetapi tidak melayani bapak bersalin yach :P .  kembali ke topik, perkuliahan kebidanan rata-rata diploma atau sarjana muda alias D3 tetapi ada juga yang sampai sarjana alias S1 tetapi di sini yang akan saya bahan yang Diploma sehingga jumlah semesternya ada 6 semester :P .

Secara umum perkuliahan kebidanan memiliki materi kuliah seperti berikut ini :
Pada semester  satu ada satu materi kuliah yaitu konsep kebidanan. Perkuliahan ini pembahasannya seputar filosopi dan konseptual kebidanan, perkembangan profesi seorang bidan, paradigma askeb atau asuhan kebidanan, pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional maupun internasional, sistem penghargaan kepada bidan oleh masyarakat dan pengembangan karir di bidang kebidanan.

Pada semester dua terdapat 3 materi kuliah yaitu konsep komunikasi membahas hubungan antar manusia untuk terapik dalam asuhan kebidanan serta memberikan pengetahuan cara berkomunikasi dengan pasien dan tentu saja untuk menambah kepercayaan diri sebagai bidan yang menangani manusia secara langsung. Materi kuliah kedua adalah etika profesi dan hukum tentang kesehatan yang membahas tentang prinsip etika seorang bidan agar berlaku professional dalam melaksanakan pelayanannya kepada masyarakat.  Dan yang ketiga adalah komputer dan internet, hal ini bertjuan agar seorang bidan tidak ketinggalan jaman serta dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengembangkan keilmuannya

Pada semester ketiga terdapat  empat materi kuliah yaitu asuhan kebidanan pada ibu yang berisi tentang penerapan asuhan kebidanan pra perkawinan, pada saat kehamilan, saat terjadi persalinan, saat nipas dan bayi baru lahir, saat komplikasi dengan resiko tinggi dan patologi dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan. Materi kuliah yang kedua adalah asuhan kebidanan pada anak, memantau perkembangan anak serta memperhatikan penyakit atau kelainan yang timbul serta penanganannya, pertolongan pertama pada luka dan kecelakaan. Dan yang ketiga adalah materi kuliah gizi ibu dan anak, yang membahas tentang gizi yang diperlukan oleh ibu dan anak untuk perkembangan selanjutnya. Selanjutnya materi kuliah yang keempat adalah pendidikan kebidanan yang membahas tentang pelatihan, penyuluhan dalam pelayanan kebidanan

Pada semester keempat terdapat tiga mata kuliah, yang pertama asuhan kebidanan Keluarga Berencana yang membahas tentang asuhan pada calon akseptor (yang akan melakukan keluarga berencana). Materi kuliah yang kedua adalah asuhan kebidanan pada wanita dengan gangguan sistem reproduksi yang membahas mengenai penyakit alat kandungan.  Materi kuliah berikutnya adalah praktek Kebidanan yaitu melaksanakan pelayanan kebidanan secara aktif, akurat dan aman di bawah bimbingan di harapkan mahasiswa mampu menganalisa secara kritis

Pada  semester kelima terdapat  lima materi kuliah. Yang pertama adalah metode Penelitian Kebidanan yang menjelaskan tentang konsep-konsep penelitian, langkah-langkah penelitian serta penyusunan serta implementasinya dalam pelayanan kebidanan. Materi kuliah yang kedua adalah kebidanan komunitas yang membahas mengenai konsep, sasaran serta peningkatan pemeliharaan kesehatan ibu dan anak dalam keluarga dan masyarakat. Materi kuliah yang ketiga adalah administrasi dan pengelolaan pelayanan keluarga berencana yang membahas mulai dari konsep administrasi keluarga berencana hingga pemantauan dan tindak lanjut keluarga berencana. Dan yang terakhir adalah dokumentasi Kebidanan yang menjelaskan tentang cara-cara pencatatan dan pelaporan dalam melaksanakan pelayanan kebidanan, mengenali jenis-jenis pencatatan dan cara pelaporan serta sistem informasi dokumentasi menggunakan komputer.

Pada semester akhir atau semester enam biasanya mahasiswa sudah mulai menyusun karya tulis ilmiah dan mengikuti materi kuliah keahlian kebidanan yaitu Kegawatdaruratan Obstetri Dan Perinatal dalam upaya penyelamatan jiwa ibu dan janin menjelaskan mulai dari kegawat daruratan pada masa kehamilan, persalinan, nifas dan pada saat bayi baru lahir. Tambahan materi kuliah lainnya adalah bahasa inggris yang diberikan sebagai tambahan untuk memperkaya pengetahuan dalam hal bahasa sehingga mempermudah dalam mengembangkan bidang keilmuannya dalam tingkat internasional.

Itulah sedikit ulasan tentang materi kuliah kebidanan yang akan di jalani oleh mahasiswa mulai dari semester satu hingga semester akhir.

MATERI KULIAH KEBIDANAN

Saya ada sedikit mengumpulkan bahan materi kuliah kebidanan dari beberapa sumber diantaranya :
1.    distosia adalah Persalinan yg abnormal bisa di download disini
2.    fisiologi dan mekanisme persalinan normal bisa di download disini
3.    hiperemesis gravidarum bisa di download disini
4.    Preeklampsia Eklampsia terbaru bisa di download disini

Itulah sedikit ulasan saya mengenai materi kuliah kebidanan, semoga dapat membantu teman-teman dumay yang sedang mencari informasi tentang dunia kebidanan.
Salam dumay (^_^)
Sumber dari mbak pramita herlina dot com dan mas urip sibigo dot com

0 komentar:

Posting Komentar