Sudah 2 minggu lebih

Tak terasa sudah dua minggu mengikuti pelatihan pemasangan dan knowledge tentang VSAT (very small aperture terminal) dengan artian adalah alat komunikasi atau terminal dengan antenna yang sssangat kecil... rata-rata anntena C-band 1,8 meter dikatakan sangat kecil.. kira-kira yang besar seberapa yach..... ada juga yg ukuraan jumbo 9-12 meter masih dikatakan vsat dan dianggap kecil..:-D

yang terasa bahwa kantong dah mulai kosong, mulai kelabakan dah...
setiap hari kerjanya cuman melototin antenna VSAT sambil konsentrasi "Selesai-selesai, terakit sendiri wkwwkk" tapi ilmunya gak sampai segitu he2...
hal-hal yang perlu di perhatikan dalam pemasangan anntena vsat adalah keamanan modem untuk indorx yaitu dengan cara memaksimalkan pasokan listrik ke modem stabil mungkin baik itu groundingnya, voltasenya maupun quantitas hidup matinya listrik. adapun setting modem bisa di katakan sama halnya dengan setting pada kebanyakan modem adsl pada speedy hanya saja terdapat perbedaan pada menu dan masing-masing kegunaan . mulai dari memasukkan konfigurasi lokasi satelit, frekuensi transponder, jumlah data, remote site sampai serial modem. dalam hal ini serial modem digunakan sebagai pengenal pada HNS dan pusat NOC. sedangkan pada modem speedy kita hanya memasukkan parameter password, user, MTU dan bberapa konfigurasi yang sudah fabrikisasi alias udah dari pabrik tinggal klik-klik doank.

Untuk outdoor unit yang perlu diperhatikan adalah pada tiap-tiap sambungan kabel, biasanya kabel yang di pakai adalah RG6 tapi tidak tertutup kemungkinan menggunakan kabel comscope atau RG11. serta sambungan-sambungan yang dilewati oleh jalur gelombang. dalam hal ini gelombang L-band yang sebelumnya gelombang C-band keudian diubah oleh LNB menjadi gelombang L-Band sehingga dapat merambat melalui kabel kemudian diperkuat oleh SSPA dan di modulasi menjadi data, audio, video dan lain sebagainya yang diperlukan.

Yang biasanya di bilang susah dalam pemasangan anntena vsat adalah pointing, dengan artian mencari titik point yang tepat mengarah ke satellit yang di pakai sehingga mendapat sinyal yang maksimal dan terbaik. untuk posisi satellit tergantung satelit apa yang digunakan apakah telkom2, telkom1, apstar, atau yang lainnya. untuk satellit telkom 2 posisinya terdapat pada 118 derajat East. untuk lebih banyak referensi bisa di searching sendiri di google. untuk menghitung azimut (arah antena), elevasi (sudut antenna) dan polarisasi (posisi LNB dan BUC) dapat menggunakan aplikasi yang terdapat pada modem atau bisa juga menggunakan SatHunter atau proghram sejenis yang lain.
udah ngantuk nih...
bisa saya sambung postingan berikutnya.....
^_^

0 komentar:

Posting Komentar